Minggu, 26 Juni 2016

Aplikasi E-Commerce PrestaShop


PrestaShop e-Commerce solusi untuk anda menjalankan sebuah Toko Online dari Web 2.0
inovasi penting seperti fitur AJAX bertenaga dinamis dan generasi ergonomi. PrestaShop memandu pengguna melalui katalog produk anda cerdas untuk membeli dan mudah,
mengubah pengunjung tertarik menjadi pelanggan yang membayar.
Sebenarnya masih banyak sekali CMS E-Commerce namun banyak CMS E-Commerce yang sulit di mengerti dan dengan CMS E-Commerce yang telah Villagehoster.com rangkum bisa membuat anda mudah menggunakan CMS E-Commerce.
Untuk memiliki sebuah situs E-Commerce anda dapat menggunakan Jasa Pembuatan Website Toko Online Proffesional Pelayanan terbaik dari Village Hoster
dengan bimbingan yang telah Village Hoster sediakan pasti mudah dan gampang anda mengerti mengunakan sebuah Toko Online yang Professional

PrestaShop adalah salah satu solusi jualan online yang cukup populer di Indonesia. Hal ini karena fitur-fitur PrestaShop yang cukup lengkap, mudah dipahami, sederhana, gampang, siap pakai, bisa di-instal dengan mudah dalam web hosting, dan tentu saja gratis. Posting ini akan mengetengahkan PrestaShop sebagai salah satu solusi jualan online atau web eCommerce yang murah namun memadai bagi kalangan pedagang kebanyakan. Posting ini akan memaparkan kemudahan-kemudahan PrestaShop bagi pelanggan, pemilik toko online, dan juga bagi admin toko online.
PrestaShop menyediakan solusi perangkat lunak bagi sebuah toko online. Ibarat sebuah mobil, perangkat lunak ini adalah mesin-nya mobil tersebut. Selain perangkat lunak, sebuah toko online memerlukan komponen lain berupa nama domain dan web hosting. Solusi gratis yang ditawarkan oleh PrestaShop hanya dalam hal penggunaan perangkat lunak, tidak termasuk sewa domain dan web hosting. Namun untuk skala kecil dan menengah, sewa domain dan hosting saat ini sudah tergolong cukup murah.

Kemudahan PrestaShop bagi Pelanggan
Dalam menilai sebuah situs toko online, yang paling penting pagi pelanggan adalah kemudahan dalam berbelanja secara online. Kemudahan ini adalah faktor utama (selain keamanan) yang membuat orang mau berbelanja secara online. Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang belanja online-nya belum membudaya, faktor kemudahan ini tidak boleh diabaikan. Kemudahan ini harus disediakan oleh toko online dalam beberapa hal yaitu:
  • mudahnya sebuah produk ditemukan
  • mudahnya memperoleh informasi detil sebuah produk
  • mudahnya menyelesaikan belanja
  • mudahnya melakukan transaksi
PrestaShop memenuhi semua faktor kemudahan tersebut, dari mulai ‘friendly link’, navigasi situs yang beraneka ragam, halaman detil produk, sampai kemudahan prosescheckout.
PrestaShop memiliki fitur ‘friendly link’. Dengan fitur ini, URL atau alamat internet dari sebuah produk bisa dibuat secara eksplisit mencantumkan nama dan kategori produk tersebut, sehingga lebih mudah diingat oleh calon pelanggan karena tersimpan dengan nama yang jelas dalam history browser. Fitur ini pun mendukung SEO, istilah yang menunjukkan kemudahan sebuah produk ditemukan oleh mesin pencari seperti Googledan Bing.
Berikut ini contoh-concoh ‘friendly link’ dalam situs demo PrestaShop:
PrestaShop menyediakan berbagai macam navigasi untuk menemukan sebuah produk. Navigasi bisa dilakukan melalui kategori, tagging, merek atau pemasok, dan pencarian internal. Gambar berikut ini menampilkan layar Beranda standar toko online demo yang dibuat dengan PrestaShop. Dalam gambar tersebut kita bisa melihat tipe-tipe navigasi yang terdapat dalam PrestaShop.
PrestaShop juga menyediakan halaman khusus untuk menampilkan detil produk. Semua informasi vital tentang produk termasuk harga, deskripsi, ketersediaan dalam stok, dan gambar-gambar tersedia dalam halaman ini. Gambar berikut ini menunjukkan layar PrestaShop yang sedang menampilkan detil sebuah produk:

Sebagai fitur standar sebuah mesin toko online, PrestaShop juga menyediakanshopping cart atau kerata belanja sebagai salah satu fitur utama untuk berbelanja online. Fungsi shopping cart ini sama dengan kereta belanja yang kita pakai kalau berbelanja di sebuah swalayan. Pelanggan bisa menampung produk-produk yang ia beli dalam shopping cart ini sebelum menuju ke kasir untuk melakukan pembayaran. Dalam berbelanja online, proses mulai membayar ini disebut dengan checkout.
Secara garis besar, proses checkout terdiri atas tiga langkah: penentuan alamat pengiriman, penentuan kurir pengiriman, dan penentuan cara pembayaran. PrestaShop menyajikan langkah-langkah tersebut secara jelas sehingga memudahkan pelanggan menyelesaikan belanjanya. Sebelum bisa melakukan langkah-langkah tersebut seorang pelanggan harus terdaftar terlebih dahulu dengan cara registrasi ke toko online tersebut yang bisa dilakukan sendiri.


Kemudahan PrestaShop bagi Pemilik Toko Online
PrestaShop juga menyediakan kemudahan-kemudahan bagi pemilik toko online. Tugas utama pemilik toko adalah memasukkan data-data produk ke dalam katalog yang akan ditampilkan dalam toko online. Tugas ini dimudahkan oleh PrestaShop melalui layar administrasi katalog yang gampang digunakan. Gambar berikut ini menunjukkan layar administrasi katalog dalam PrestaShop:
Produk biasanya dikelompokkan dalam kategori tertentu untuk memudahkan pelanggan menemukan produk tersebut. Sama seperti halnya sebuah toko swalayan yang mengelompokkan barang-barang dengan ciri khas atau hubungan tertentu dalam lokasi yang sama atau berdekatan. PrestaShop menyediakan mekanisme berupa kategori dantagging untuk memfasilitasi pengelompokan ini.
Modul pengiriman dan pembayaran biasanya berbeda antara satu negara dengan negara lain. PrestaShop menyediakan fasilitas untuk menambahkan modul pengiriman dan pembayaran yang sesuai dengan negara tertentu. Fasilitas ini tersedia melalui penambahan modul yang khusus dibuat untuk keperluan tersebut. Misalnya di IndonesiaTIKI cukup banyak dipakai sebagai kurir pengiriman, maka modul pengiriman TIKI bisa dibuat dan ditambahkan ke dalam PrestaShop.
Layar administrasi juga menyediakan informasi yang sangat berharga bagi pemilik toko tentang pelanggan, karyawan, dan statistik toko. Statistik toko ini sangat bermanfaat karena menyediakan informasi seperti jumlah pengunjung toko, jumlah pelanggan yang telah terdaftar, produk yang paling laku, pemasok yang produknya paling laris, dan lain sebagainya. Pendeknya, statistik dalam PrestaShop bisa membantu pemilik toko merencanakan strategi dagangannya ke depan agar lebih untung.

Kemudahan PrestaShop bagi Admin Toko Online
Bagi toko online kecil sampai menengah, admin toko online biasanya adalah orang sama dengan pemilik toko online. Namun tugas-tugas admin toko biasanya lebih bersifat teknis dibandingkan rutin dan strategis. Tugas-tugas admin toko online ini misalnya memasang fitur keamanan tambahan (SSL), menentukan tema atau tampilan toko online, memonitor lebar pita jaringan yang dipakai toko online, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan infrastruktur toko online, bukan jualan-nya.
Dalam PrestaShop, fungsi-fungsi admin ini disatukan dengan fungsi-fungsi pemilik toko melalui menu administrasi yang sama. Dengan demikian pemilik toko online bisa berperan sekaligus sebagai admin toko online. Walaupun demikian, pemilik toko online bisa mendelegasikan tugas-tugas rutin seperti update katalog kepada karyawan, sehingga karyawan bisa menggunakan fitur administrasi PrestaShop untuk melakukan tugas-tugas tersebut dengan login-nya sendiri.

Faktor Keamanan
Dalam berbelanja online, yang paling ditakutkan oleh pelanggan adalah faktor keamanan. Terutama menyangkut penggunaan kartu kredit. Hal ini karena sudah cukup banyak kasus penyalahgunaan kartu kredit yang dipakai untuk berbelanja secara online. Pencurian nomor kartu kredit oleh orang yang tidak bertanggung jawab adalah hal yang sering terjadi dalam dunia belanja online.

Sebagai panduan bagi pelanggan, jangan lah sekali-kali memasukkan informasi kartu kredit pada proses checkout pada sebuah toko online yang tidak dilengkapi dengan keamanan tambahan berupa SSL. Ciri-ciri penggunaan SSL akan tampak pada alamat web yang diawali dengan https://, bukan http:// (perbedaan ada di huruf s). Walaupun dilengkapi SSL tetapi kredibilitas pemilik toko online diragukan, sebaiknya hindari juga pemberian informasi kartu kredit.
Bagi pemilik toko online, menyediakan fitur keamanan SSL memerlukan biaya tambahan. Selain itu diperlukan juga langkah dan prosedur verifikasi kartu kredit yang tidak mudah. Sebagai jalan keluar, kita bisa menggunakan layanan checkout yang disediakan oleh pemain-pemain besar dunia yang memang terpercaya dalam bidangnya. MisalnyaPaypal dan Google Checkout. Dengan menggunakan layanan mereka, hal-hal yang berhubungan dengan verifikasi maupun penyalahgunaan kartu akan ditangani mereka. Sediakan juga alternatif pembayaran non kartu kredit berupa transfer bank atau pembayaran di tempat.

Biaya Menjalankan Toko Online PrestaShop
PrestaShop bisa digunakan dengan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, kita tetap memerlukan biaya operasional berupa sewa domain dan web hosting. Domain adalah nama atau merek kita di internet. Sedangkan web hosting ibarat kita menyewa sebuah kavling untuk jualan di internet. PrestaShop tidak memerlukan konfigurasi hosting yang kompleks sehingga dengan biaya yang relatif murah kita sudah bisa menggelar jualan online di internet.
Tabel berikut menyajikan perkiraan biaya minimal yang diperlukan untuk menjalankan sebuah toko online dengan PrestaShop:
Komponen
Biaya per bulan
Biaya per tahun
Sewa hosting
Rp 5.000
Rp 60.000
Sewa domain
Rp 100.000
Total
Rp 160.000

Kesimpulan
Dengan PrestaShop kita bisa ber-jualan online dengan biaya yang cukup murah, dan administrasi yang mudah. PrestaShop menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pelanggan dalam berbelanja, memudahkan pemilik toko online dalam menjalankan operasional toko, dan memudahkan admin dalam mengkonfigurasi toko online. Untuk meningkatkan keamanan bagi para pelanggan online, kita bisa melengkapi toko online dengan fitur keamanan SSL, atau menggunakan layanan checkout yang disediakan oleh penyedia jasa checkout dunia yang sudah terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar